Wednesday, February 6, 2008

ELEGI BUAT "COEPOEL"
(Kenangan Hidup Dari Tante Nanni "Tante Gaul")

Minggu Sore, 19 September 2006

Mentari mulai kemerahan, senja mulai turun mentapa sang bumi saat dua motor berhenti tepat didepan rumah. Dua pemuda jangkung turun dari sepeda motor, dengan langkah kaki yang perlahan memasuki rumah seolah ada yang membebani langkah kaki mereka. Dua sosok tegap itu sekilas menoleh kearahku tanpa berani menatap langsung mataku, aku hanya diam tak menyapa mereka. Kemudian dua orang gadis menyusul mereka memasuki rumah dengan perilaku yang sama. keduanya pun diam tanpa suara, seolah mereka juga punya kesalahan. Beberapa menit kemudian aku mendengar lantunan vocal dari samsons, dan pemuda itu ikut menyanyi meskipun dengan suara tertahan.beberapa menit kemudian akupun memasuki rumah tanpa berkata sepatah katapun aky berlalu, saat aku membawa minuman dan kue,aku mempersilahkan mereka minum kemudian menyapa mereka sambil tersenyum barulah ketegangan di wajah mereka hilang.Perlahan kebekuan juga resa segan dihati mereka mencair saat aku menanyakan penyebab mereka terlambat pulang sembari tersenyum kearah mereka. dan kemudian aku dan dua pemuda itu ikut menyanyi.keduanya memuji selera musikku yang menurut mereka ternyata aku mengikuti perkembangan musik juga.Sejak sore hingga malam menyapa bumi, Coepoel,aku,Bams dan shanty bercanda gila-gilaan.jam 21.00 Coepoel pamit mengantar Bams pulang keasrama,karena Bams kelelahan dan ingin istrirahat.sepuluh menit kemudian dia kembali lagi menjemput Shanty dan mengantarnya juga.sebelum pergi dia kembali menjabat hangat tanganku, sembari menatap dengan tatapan teduhnya.selintas fikiranku kehangatan lewat sentuhan tangan dan tatapan matanya yang sarat dengan berjuta makna.disitulah awal aku mengenal sosok seorang Polisi muda.Dalam hati aku berkata "Asyik juga orang ini meski sedikit jayus, tapi dia sangat peduli dengan orang disekitarnya, tidak hanya teman atau orang yang sudah dikenalnya".Pengetahuannya boleh juga, luas tidak ketinggalan info bicara soal komputer ok,tentang pergaulan bisa,tentang musik plus lagu-lagi yang lagi ngetrend apalagi bicara tentang band-band yang lagi wara wiri dijagat musik indonesia sekarang.Yang jelas berteman atau kenal dengannya seolah tak ada lagi duka.semuanya menguap seolah kedukaan itu adalah cairan kimia yang bisa menguap oleh hembusan sang bayu.Dia juga sering bercerita tentang keempat saudaranya yang semuanya cowok,dan mereka semua adalah pencinta musik.sementara dia sebelum menjadi anggota polisi adalah seorang pemetik bas dan mempunyai band yang bernama "Metropolis"dimakassar.bahkan dimakassar dia mempunyai sebuah studio musik yang sering dipakai latihan oleh band-band lain dikota tersebut.
Sabtu malam 10 Nopember 07 di Plaza Marina dia tampil bersama bandnya dalam acara peringatan Hari Pahlawan yang dirangkaikan dengan acara Peringatan Hari Jadi Kab.Selayar.Entah kenapa malam itu aku sangat ingin melihat dia main dan memang malam itu aq sangat bersemangat dan sangat menikmati musik yang dia bawakan.sebelum dia tampil aq dan dia sempat say Hello dan cerita beberapa sejenak bersama drumer Vetran Band.dia kelihatan fresh dengan kaos rajut plus topi yang menutupi kepalanya.tak berhenti dia menyapa orang yang lewat didepan kami,sambil memamerkan sederet gigi disertai senyum manisnya.tak lupa dia juga menanyakan kabar aq dan mama sambil berkata "Aku sibuk akhir2 ini jdi belum sempat kerumah,nanti aq pasti kerumah.tunggu saja.begitu katanya sambil merangkul aq seperti kebiasaanya setiap dia berbicara dan bercanda denganku.Setelah puas say Hello dan ketawa dia pamit untuk bergabung dengan teman seBandnya.Sekilas dia menyentuh pundakku sebelum berlalu dan memasuki area Festival dimana teman-temannya sudah menunggunya.dia juga memintaku tuk menonton aksinya bersama Bandnya.Coepoel in the band naik kepanggung dan beraksi sembari memperlihatkan beberapa aksi dalam menabuh Drume.Aq tak pernah berfikir apalagi punya firasat kalau malam itu adalah penampilannya yang terakhir yang bisa aq lihat, dan malam itu juga adalah kado ultahku yang pertama dan terakhir dari Coepoel lewat pernampilannya menabuh drume.
Sabru malam tanggl. 2 Desember 07 pkl.00.52 dinihari Adry menelfon dan mengabarkan kalau Coepoel kecelakaan dan lukanya cukup parah dan saat itu Coepoel sementara dalam penanganan TIM Medis Rumah Sakit.Sementara Adry dan Bambang dan juga teman-teman mereka mendampingi Coepoel di UGD yg tengah berjuang mempertahankan hidupnya dari incaran Sang Pencambut Nyawa.Dia meminta aq untuk menghubungi keluarga lain yang aq tau no.HPnya.Adry juga minta no.Tlp rumah Coepoel dimks.Dua jam delapan menit kemudai, tepatnya jam 03.27 Adry kembali menelfon aq "Ni,kamu baik2 saja kan?kamu harus tenang dan sabar" itu adalah kalimat pembuka yang diucapkannya.sembari mencoba menenangkan aku,meski dia sendiri tdk bsa menutupi kalau diapun sangat terpukul dan terguncang itu aku tahu dari nada suaranya yang bergetar dan kata-kata yang tersendat. Dengan suara bergetar.Adry mengatakan kalau Coepoel; telah kembali kepangkuan Ilahi,bebepara saat yg lalu aq hanya bsa menangis tertahan terisak dalam dukaku yang dalam dan pekat,sepekay langit yang tiba-tiba menghitam.seakan mengerti dengan lara yang tengah menderaku. "Ya Rabbi"sembilan bulan dua puluh hari lalu aku kehilangan ayah yg menjadi sandaran hidup,kebanggaanku, dan tempatku bermanja.Kini aq kembali hrus kehilangan orang yg kusayang.kedukaan dan kesedihan seolah enggan berlalu dan pergi dari hari dan kehidupanku.
Jam 14.30 Sore, tubuh kaku Coepoel yang terbungkus itupun diangkat oleh saudaranya untuk dimandikan.setelah semuanya selesai tubuh yang terbungkus kain kafan itu diusung menuju Masjid untuk diShalatkan.jam 16.30 harinya diantara rinai gerimis senja dan disertai isak tangis,aq menyaksikan tubuh tegap itu dimasukkan kedalam liang lahat.Tangis duka dan air mata mengiringi kepergiannya."Ya Allah meski berat aq dan semua keluarga besar Ikhlas melepas kepergian Coepoel kehadibaan Mu Ya Rabbi"berikanlah tempat yang layak disisiMu,Ampunilah segala dosa,khilaf dan salah yang pernah dia lakukan semasa hidupnya.Seuntai doa aku pintakan untuknya.
Selamat Jalan Bripda Zulkaidar,kami ikhlas melepas kepergianmu dan kami akan slalu mengingat,mengenang,menyayangi dan mencintaimu slalu.karena kau adalah kesayangan dan kecintaan kami semua,Kini,nanti dan slamanya.
Bye.Nanny Wiriany
"Tulisan ini aku dedikasikan untuk keponakanku tercinta Bripda Zulkaidar "Coepoel"


"Fian"
Selamat Jalan Saudara,Adik,Teman,Sahabat. 25 tahun waktu kebersamaan kita,telah banyak suka dan duka kita goreskan dalam gubuk tempat kita dilahirkan dan dibesarkan semua tangis,canda dan tawa kita membuat gubuk kecil itu menjadi menggemah....Selamat Jalan Adik..kini tiada lagi orang yang memanggil aq dengan sebutan "kotek' (ayam) dan tiada lagi kini orang yang aq sebut "Bado" itu panggilan semasa kecil aq dan dia sampai terakhir aq bersamanya...Ya Allah Ampunilah Dosa-Dosanya,Tempatkan ia ditempat yang paling mulia disisi-Mu,Aq Ikhlas engkau mengambil dia dari sisi kami...dan berilah ketabahan dan kesabaran bagi kami yang ditinggalkannya..Amin..

3 comments:

Anonymous said...

Selamat Jalan...
Semoga Diberi Kesabaran untuk semua yang ditinggalkan
Semoga Diterima disisi-Nya
Turut Berduka Cita
Dari central java
-_-

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the SBTVD, I hope you enjoy. The address is http://sbtvd.blogspot.com. A hug.http://sbtvd.blogspot.com/

Anonymous said...

__Baru ketemu Blog na...

In Memoriam Bripda Coepoel

Selamat jalan Coepoel...TemanKu..sahabatKu...Kakakku...
Engkau sahabat kami semua...
Engkau adalah t4 kami berbagi keceriaan...
Bahkan Engkau yg mengajarkan kami berbagai hal tentang makna persahabatan...
Engkau akan selalu ada di hati kami...
Hati yg penuh keceriaan...
Selamat jalan SodaraKu...CoepoelKu...
Engkau lebih dahulu menghadap kepada-Nya...
Ya Allah, terima lah ia di sisi-Mu...
Ampunilah segala dosa dan kekhilafannya...
dan berilah kami ketabahan dan keikhlasan...
Yang ditinggalkannya...
Amin...

CoePoel...You're the best friend